Diary ARKI 2016 (Day 2 : Hari Berlomba!!!)

18.18 Abdurrahmansyah 0 Comments

sebelumnya saya minta maaf, karena saya tidak akan menceritakan dengan detail kejadian yang terjadi kepada saya karena saya sudah lupa ._. jadi, dimaafkanlah jika banyak scene yang di skip. maaf kalau bagian ini singkat sekali. 

Aku bangun pagi. Enggak terlalu pagi sih, soalnya udah lupa bangunnya jam berapa. Terus aku nunggu kak Faishal selesai mandi. Sudah mandi, giliran aku yang mandi. Aku minta udah kak Faishal soalnya aku mandinya lumaya lama :">

Udah mandi aku pake kaus kuning yang ada tulisan "ARKI 2016". Sesuai dengan info yang kudapat dari grup. Terus pake celana jeans. Celana jeans yang taunya sedikit kesusahan kupake soalnya agak sedikit sempit. Walau sempit ukurannya pas lho, terus panjang semata kaki pula.

Terus aku sama kak Faishal bersihin ranjang masing-masing. Pas udah mastiin kalau semuanya sudah rapi, kami segera keluar untuk kemudian menuju Ballroom! Pas di jalan kalau ga salah ketemu sama kak Rifli sama Kak Anto--kalau enggak salah ya :)--

Pas sampe ke lantai dasar, aku baru tau kalau sarapannya pindah ke coffe break. Dan disana udah rame banget! Hampir penuh! Untung masih ada tempat untuk kami! Setelah mengambil makanan masing-masing, kami langsung duduk di tempat yang tersisa :")

Kami makan dalam diam. Enggak diam-diam amat karena (seingatku) kami juga ngobrol. Tapi ngomongnya sedikit-sedikit soalnya masing-masing gatau mau bahas apa :")

Kak Enjel yang duduknya di belakang aku manggil aku terus nyuruh senyum (kalau kata Lala itu : Nasib jadi Imut :’v). Aku “agak” merasa risih soalnya kak Enjel manggil akunya berulang-ulang, terus pas liat aku ketawa gitu. Kan jadi gimana gitu (?)

Setelah semua peserta ARKI udah sarapan, semuanya disuruh ke depan Ballroom. Nunggu bus yang akan menghantar kami ke SMA 78 ; tempat dimana kami bertempur. Aku barengan nyari bus sama kak Faishal, tapi taunya kami harus berpisah karena kategori lomba kami beda. 

Aku masuk kedalam bus anak cerpen. Lebih tepatnya bus-anak-cerpen-cowok karena isinya anak cowok semua. Tempatku di belakang. Ga di belakang belakang amat karena di belakangku ada bangku paling belakang. Di sebelahku keknya gada yang ngisi (setauku) 

Jadi, di dalam bus aku gak ngapa-ngapain soalnya gada yang ngajakin ngobrol/nasib jadi satu-satunya peserta cowok yang masih kelas 8 dan polos/. Gada orang sepantaran diriku di dalam bus. Ada juga sih anak smp tapi duduknya ga deket aku. Aku awalnya mau duduk di sebelah dia tapi taunya udah ada orang di sebelahnya (namanya hastomok) 

Kami sampai di sma 78. Berjalan beriringan menuju gedung sekolah. Pas jalan kesana, Banyak anak 
yang duduk duduk gitu. Terus negur anak 78 yang ikut ARKI (kalau gak salah namanya kak kori) 

Kami berjalan ke aula. Sampai disana taunya udah ada orang yang nyambut. Anak-anak sma 78 terus banyak lagi. Disana ada cuap-cuap juga dari juri dan kakak LO. Banyaklah nanya ini-itu yang menurutku kurang penting. 

Aku duduk di sebelah kak sapa namanya!!! kak.. kak Rifli! Nah dibelakangnya ada si Rubi!!! aku udah kenal dia dan sempat chat juga sama dia. Terus kami ngobrol bareng gitu. Ngobrolnya juga engga banyak. Nanya-nanya ke temennya Rubi yang namanya kak Vivi. Dan taunya, mereka engga dari provinsi yang sama! dari mana mereka kenal.

Terus, di aula dikasih tau apa tema "sebenarnya" dari masing-masing kategori. 

Dan kategori cerpen dapet tema "My Trip With My Family". Padahal aku udah baca baik-baik buku panduan dan nemu "Keluargaku Inspirasiku" jadi tema cerpen! Tema itu malah dialihkan ke syair yang temanya aku gatau ._.

Sambil berjalan menuju ruangan lomba cerpen bersama kak Nada, aku mulai berpikir cerita apa yang nanti bakal kubuat. 

Sampe disana aku gatau mau duduk dimana ._. sebagiannya udah penuh sih ._. tips dariku : kalau kamu ikut lomba yang lombanya di ruang kelas gitu dan harus milih tempat duduk dan pesertanya banyak, cepet-cepet jalannya! usahakan masuk duluan supaya bisa duduk di depan!

Terus aku duduk di pojok kanan. Enggak pojok sih, di depan bangku pojok lebih tepatnya.

Di sana ada satu tempat kosong karena satunya sudah diisi oleh seorang perempuan yang kuyakini adalah panitia agak gemuk juga. Enggak gemuk sih, berisi! Namanya kugatau (karena selama arki, cuma nama kak ranie yang kutau :'>) dia pake jaket gitu! bukan jaket sih lebih tepatnya. Suiter unyuk-unyuk! 

Juri mulai gantian mengoceh, tapi ga seluruhnya mengoceh. Mereka ngoceh tentang teknisi lomba. Ini-itu dan sebagainya dan aku ga merhatiin!

Dan aku menyesal.

Kakak LO mulai ngebagiin kertas. Satu orang dua lembar kertas polio. Katanya kalau kurangan tinggal minta aja, gratis gausah beli! 

Aku awalnya bingung kenapa orang cantik disebelahku ini nerima kertas juga. Dan taunya, dia peserta juga! Namanya gatau! Soalnya pas aku ngintip ke kertasnya ga keliatan cuma keliatan kalau dia nulis nama. Soalnya dia pake pensil sihh.

Aku mulai nulis. Bukan nulis sih 

Tapi gatau mau nulis apa.

Terus aku liat orang yang duduk di depanku. Namanya Hastomo dan panggilannya Tom.

Seketika, aku pengen nulis pemeran utamanya bernama Tom. Jadilah aku nulis nama itu. Terus aku kepikiran buat cowok itu bertompel jadi sering dipanggil Tom.

Terus aku mulai nulis.

Ceritaku itu kira-kira gini :
Ada anak namanya Tom. Dia miskin terus Ayahnya pergi merantau udah lama gak pulang-pulang. Ayahnya pernah janji akan ajak dia ke Ibukota negeri. Tapi taunya ga balik-balik. Tom suatu hari diajak sama Ibunya. Pergi ke sebuah pemakaman yang jauuuh sekali. Tom bingung, taunya mereka ke pemakaman Ayahnya. Taunya ayahnya meninggal. Terus dia tersadar kalau itu mimpi. Terus perjalanan sama Ibunya dalam mimpi itu membuatnya menyimpulkan suatu hal. Suatu hal yang membuat Ibunya gak pernah menjawab pertanyaannya : “Kapan Ayah pulang?”

Kira-kira gitu.

Dan pembawaanya buruk bet. Dan gak full 4 halaman dan semuanya disampaikan dengan tersirat. Dan saya mengumpulkan naskah itu. Dan saya baru ingat saya tidak menuliskan nama sekolah saya melainkan nama kelas yang selalu saya ingat : Delapan E.

Dan saya minder denger judul temen-temen saya : “Strategi Sang Penguasa Ular” “Mawar dalam Mobil”.

Kece badai.

Jadi saya tidak yakin menang, dan benar tidak menang.

Terus sesudah lomba, kami semua balik lagi ke hotel. Disana dikasih makan, disuruh istirahat.
Dan setelah istirahat acara selanjutnya adalah Pembinaan Karakter sama Pengenalan Keluarga Sebangsa kalau ga salah.
Dan acaranya itu lama bet.
Dan anak-anak udah pada bosan.
Dan saya kasian sama bapak-bapak yang ngomong di depan yang mau tidak diacuhkan oleh kami.
Terus sudah itu ada acara tentang keluarga sebangsa, terus disuruh ngumpul sama kakak LO, terus disuruh nulis sesuatu gitu.
Terus disuruh balik lagi istirahat.
Malamnya adalah kegiatan penyerahan anak ARKI ke keluarga sebangsa.
Terus aku ketemu Ibu asuhku. Namanya Bu Agnes. Terus kami ngobrol, terus ada acara gitu. Terus sudah itu kami disuruh ngambil kover dan segala milik kami. Terus aku sama kak Diko pergi ke rumah keluarga sebangsa kami.
Terus disana kami tidur.

***


Untuk hari kedua sampai sini saja ya! Soalnya penulis lagi males. Soalnya penulis mau ngerampungin naskah yang ga rampung-rampung. Bye bye. Ditunggu hari selanjutnya. 

0 komentar: